Resep Es Podeng Minuman Legendaris Yang Menyegarkan

Resep Es Podeng Minuman Legendaris Yang Menyegarkan post thumbnail image

Es podeng atau yang biasa kita kenal dengan sebutan es puter merupakan kuliner yang berasal dari Kota Jakarta. Dulu banyaknya pedagang Es Podeng yang berjualan di Daerah Jakarta membuat jajanan ini amat populer pada saat itu, sampai-sampai di setiap acara perayaan di Kota Jakarta selalu menyuguhkan jajanan Es podeng ini sebagai salah satu pencuci mulutnya. Sejarah awal mula terciptanya jajanan Es podeng ini karena zaman colonial dulu hanya kalangan tertentu lah yang bisa menikmati kelezatan es krim selain itu karena bahan baku utama es krim yang sebenarnya yaitu susu sulit dibeli oleh bangs akita pada zaman itu, akhirnya munculah ide untuk membuat es yang sama hanya saja menggunakan bahan dasar santan kelapa yang kemudian tercipta yang Namanya Es podeng. Untuk membuat citarasa dari Es Podeng ini semakin kaya biasanya para penjualnya menambahkan campuran nangka, durian, alpukat, dan juga tambahan lain seperti agar-agar, roti, kacang tanah, dan juga susu kental manis dibagian atasnya. Jajanan Es podeng ini kini sudah mulai jarang terlihat di Jakarta, untuk mengantisipasi kalau-kalau kamu rindu citarasa dari Es Podeng ini lebih baik kita mencoba resep es podeng buatan sendiri yuk dirumah.

Untuk membuat resep es podeng sendiri, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu antara lain :

–          1 bungkus agar-agar warna merah –          4 skup es puter
–          500 ml air –          4 sdm susu kental manis coklat
–          75 gram gula putih –          1 sdm kacang tanah sangrai
–          50 gram sagu Mutiara –          1 sdm coklat meses
–          1 buah alpukat –          2 lembar roti tawar

Setelah mempersiapkan bahan-bahan tersebut, mari kita mulai cara pembuatan dari es podeng ini.

  1. Pertama masak 1 bungkus agar-agar warna marah dengan larutan air di panci kemudian tambahkan sedikit gula. Siapkan wadah berukuran 500 ml yang tahan panas kemudian isi olesi dengan air matang agar nanti adonan mudah dilepas kemudian tuang adonan agar-agar yang telah dimasak tadi kedalam wadah tersebut lalu diamkan sampai adonan mengeras.
  2. Setalah mengeras keluarkan adonan agar-agar tadi kemudian serut agar-agar tersebut dengan parutan agar berbentuk memanjang dan sisihkan.
  3. Selanjutnya rebus sagu Mutiara di air rebusan sampai berubah menjadi transparan baru kemudian diangkat dan ditiriskan lalu siram dengan air dingin agar sagu mutiaranya tidak menempel satu sama lain.
  4. Potong-potong roti tawar menjadi kotak-kotak kecil dan juga belah alpukat manjadi dua bagian kemudian kerok dagingnya sampai habis dan sisihkan kedalam wadah.
  5. Setelah semua bahan selesai diolah kemudian siapkan gelas saji dan masukan semua komponen yang pertama mulai dari agar-agar, kemudian alpukat, lalu sagu Mutiara, kemudian ditambahkan beberapa skup es puter, barulah diatasnya ditambahkan roti tawar, susu kental manis, kacang tanah sangria, dan juga coklat meses. Dan Es podeng pun sudah siap untuk disajikan.

Bagaimana cukup mudah bukan resep untuk membuat es podeng ini ? Kamu hanya perlu membeli bahan-bahannya yang banyak tersedia di pasar tradisional dan kamupun bisa membuat es podeng sama seperti yang dijual di penjual es podeng gerobak. Dengan membuat es podeng sendiri pun membuat kamu ajdi bisa lebih berkreasi dan juga memilih menggunakan bahan-bahan yang lebih terjamin kesehatannya.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post