Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet Dan Nyaman

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet Dan Nyaman post thumbnail image

Mempunyai mobil tentu saja adalah suatu dambaan dari setiap orang. Selain digunakan untuk kendaraan pribadi, namun mobil juga sering dijadikan untuk gaya hidup yang harus terpenuhi. Namun hal yang paling penting dalam memiliki mobil adalah perawatan yang tepat dari mobil tersebut supaya kondisi mobil kita slelau baik serta awet untuk digunakan pada waktu yang panjang.

Namun sayangnya kebanyakan dari kita masih saja cuek terkait masalah perawatan mobil. Dimana kita hanya tahu dan mengerti sebagasi memakai mobil saja, jadi saat tiba-tiba mobil mengalami kerusakan kita tidak bisa berbuat apa-apa selain membawa ke bengkel.

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet Dan Nyaman

Melakukan perawatan terhadap mobil tentu saja harus dilakukan supaya kendaraan kita selalu berada dalam kondisi yang prima dan juga nyaman untuk dikendarai. Tentu saja kita tidak inginkan saat mobil kita sedang kita pakai namun tiba-tiba harus mati atau mogok di tengah jalan? Apalagi jika kita tidak paham dan mengerti tentang dunia otomotif, khususnya dunia mobil dan sedang ada keperluan mendesak tentu saja akan semakin membingungkan untuk kita. Untuk itu berikut adalah bagaimana sih tips merawat mobil agar tetap awet dan nyaman.

Gunakan Bahan Bakar Yang Tepat

Sebaiknya kita harus bisa memilih bahan bakar yang tepat untuk mobil agar bisa membuat performa dari mesin mobil tetap sempurna. Untuk itu sangat disarankan agar anda bisa memilih bahan bakar mobil yang dianjurkan nilai oktannya oleh mobil tersebut.

Jika anda tidak tahu bahan bakar apa yang tepat, anda bisa menanyakan kepada dealer atau showroom terdekat. Misalnya anda memiliki mobil Toyota, anda bisa mendatang dealer Toyota terdekat atau showroom Toyota terdekat agar bisa mengetahui bahan bakar yang tepat.

Cek Oli Secara Berkala

Perawatan berikutnya adalah paling tidak anda harus melakukan pengecekan oli secara berkala. Biasanya saat anda melakukan servis mobil di bengkel yang resmi. Misalnya anda memiliki mobil Toyota, maka anda bisa melakukan pengecekan terhadap mobil anda di bengkel Toyota terdekat.

Paling tidak anda juga harus bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pergantian oli. Dimana pada dasarnya kendaraan harus diganti oli setiap selesai menempuh jarak 5.000 km. Atau paling tidak saat mesin mobil anda sudah terasa kasar dan warna oli sudah hitam serta encer.

Ganti Air Radiator Berkala

Untuk bisa membuat mobil anda menjadi lebih nyaman dan juga awet, anda juga harus bisa melakukan pengecekan terhadap air radiator dan juga melakukan pergantian dengan tepat.

Dimana air radiator ini memiliki manfaat untuk bisa membuat mesin mobil tetap berada dalam suhu dingin. Saat radiator kekurangan air tentu saja juga dapat mempengaruhi mesin mobil. Karena pengisian air radiator ini akan menggunakan cairan khusus, tentu saja perawatan mobil seperti ini jangan sampai kita abaikan.

Ganti Minyak Rem

Berikutnya kita juga harus bisa melakukan penggantian minyak rem yang kadang luput untuk kita perhatikan. Dimana minyak rem ini memiliki sifat higroskopis yang dapat menyerap lembab. Walaupun minyak rem ini terdapat di dalam sistem rem yang tertutup namun tentu saja kadang ada kasus kelembaban dari lingkungan sekitar bisa terserap dari cairan tersebut.

Saat minyak rem tidak kita ganti maka bisa saja terjadi korosi atau karat di dalam mesin mobil. Oleh sebab itu tentu saja kita harus melakukan penggantian minyak rem saat kita sudah mencapai jarak tempuh 60.000 km.

Lakukan Pengecekan Terhadap Aki

Terakhir melakukan pengecekan terhadap Aki ini juga sangat penting untuk kita perhatikan. Kita bisa melakukan kontrol terhadap aki ini minimal dua minggu jika anda menggunakan aki basah. Paling tidak kita harus memastikan jika air masih di level yang seharusnya yaitu masih berada di garis batas penanda.

Anda juga dapat melakukan pengukuran tegangan aki dengan menggunakan bantuan voltmeter. Untuk biaya perawatan dari mobil ini tentu saja akan terasa lebih murah jika kita rajin mengecek setiap komponen atau bagian dari mobil tersebut.

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post