3 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak yang Tepat

3 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak yang Tepat post thumbnail image

Memilih moisturizer atau pelembab tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus tahu jenis kulit yang dimiliki itu apa terlebih dahulu. Nah, untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, di bawah ini adalah beberapa tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang bisa diikuti.

1.        Perhatikan label kemasan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memilih moisturizer adalah dengan memperhatikan label kemasannya. Ini adalah hal yang paling mendasar yang tidak boleh dilupakan dan jangan sampai ketinggalan.

Pastikan bahwa label kemasan yang dimiliki oleh sebuah produk ini sudah memenuhi standar label pengemasan produk aman yang bisa digunakan. Misalnya, terdapat keterangan komposisi bahan yang digunakan.

Terdapat aturan menggunakan produk yang jelas. Ada juga batasan tanggal kadaluarsa dan yang paling penting adalah terdapat label aman dari BPOM. Label aman ini sangat penting karena BPOM merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Sebuah produk yang sudah berlabel BPOM, maka produk ini bisa Anda gunakan dalam jangka waktu panjang tanpa khawatir. Pasalnya, bahan-bahan yang digunakan tentunya aman dan tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri ataupun hidrokuinon.

2.        Kenali kandungannya

Jika Anda sudah mengecek label kemasan dari produk moisturizer untuk kulit berminyak yang akan dipilih. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengenali kandungan produknya.

Untuk kulit berminyak sendiri terdapat kandungan yang sangat cocok untuk digunakan yakni Alpha Hydroxy Acid atau dikenal dengan AHA. Salah satu bahan ini adalah asam glikolat yang sangat cocok untuk kulit berminyak ini.

Mengapa kandungan ini sangat direkomendasikan? Pasalnya, kandungan ini tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, kandungan AHA dalam produk pelembab juga akan membantu membuat kulit wajah Anda lebih mudah menyerap produk tanpa harus mengeluarkan sebum atau minyak tambahan.

Dengan demikian, kulit Anda akan bebas kilap seharian tanpa harus khawatir wajah akan terlihat seperti minyak goreng atau sejenisnya. Oleh sebab itu, dalam memilih produk untuk kulit terutama pelembap, Anda harus memastikan kandungan yang ada di dalamnya jika ingin work it.

3.        Hindari bahan tertentu

Dalam memilih moisturizer, salah satu hal yang wajib Anda lakukan adalah menghindari beberapa jenis bahan tertentu. Terlebih jika kulit Anda berminyak. Salah satu bahan yang harus dihindari untuk Anda yang berkulit berminyak adalah emolien dan oklusif.

Memang pada dasarnya kedua jenis bahan ini memiliki fungsi yang dapat melembutkan sekaligus menghaluskan kulit yang kering. Namun, jika digunakan untuk kulit yang berminyak, produk ini justru bisa memicu tumbuhnya jerawat karena adanya sebum yang terperangkap di dalam kulit.

Tidak hanya kedua bahan itu saja, beberapa jenis bahan lain yang juga harus Anda hindari adalah seperti minyak mineral, parafin, lanolin, siloksan, siklometikon, minyak jarak, dan juga petroleum jelly. Dengan menghindari bahan-bahan ini, maka Anda bisa mendapatkan kulit terbaik dengan moisturizer yang tepat.

Adapun selain menggunakan tips di atas, ada hal lain juga yang harus Anda perhatikan dalam memilih moisturizer. Tentunya moisturizer saja tidak cukup, Anda juga harus mengatur pola hidup menjadi lebih sehat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlemak, terlebih lemak trans untuk menjaga agar kandungan minyak pada wajah Anda tetap stabil. Dengan menggunakan tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak di atas, Anda bisa memiliki kulit wajah bebas kilap dan lebih percaya diri. Selamat mencoba dan semoga informasi ini menjadi jawaban atas kegalauan yang Anda rasakan selama ini.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post