Penemu Ponsel, Handphone (Telepon Genggam) Dan Sejarahnya

Penemu Ponsel, Handphone (Telepon Genggam) Dan Sejarahnya post thumbnail image

Bagaimana sejarah ditemukannya Handphone (telepon genggam) atau Ponsel, dan siapa yang menemukannya ?

Apa yang dimaksud dengan Handphone atau ponsel?
Penemu ponsel, handphone
Handphone atau Telepon genggam atau biasa juga disebut dengan Telepon seluler atau Ponsel yaitu perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional kanal tetap.

Namun Handphone (telepon genggam) atau telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) mempunyai kelebihan yaitu sanggup dibawa ke mana-mana (portabel / mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon memakai kabel (nirkabel wireless).

Saat ini, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia yaitu Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Handphone (Telepon genggam) atau biasa disebut juga dengan Ponsel atau Telepon Selular, yang awalnya yaitu suatu barang yang tergolong mewah, dan hanya dimiliki oleh orang-orang dari golongan menengah keatas, sekarang menjadi salah satu kebutuhan primer bagi seluruh kalangan masyarakat.

Dari mulai orang renta hingga anak-anak, sudah mempunyai alat telekomunikasi yang satu ini.
Bentuknya yang kecil, ringan dan gampang dibawa kemana-mana, menimbulkan Handphone atau Ponsel sebagai kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita.

Tak hanya sebagai alat untuk sanggup berkomunikasi secara jarak jauh dengan orang lain, sekarang banyak sekali fitur-fitur tambahan menjadi aksesori pendukung yang terpasang di dalam Handphone atau Ponsel tersebut.

Semakin canggih produk sebuah Handphone atau Ponsel yang sanggup kita gunakan dan mengatakan banyak sekali kemudahan. Dari perangkat Handphone atau Ponsel tak hanya sebagai alat komunikasi, sekarang sanggup dipakai untuk berkirim pesan, gambar, sebagai kamera untuk berfoto, merekam Video, Radio, Membuka jaringan Internet, dan banyak sekali kemudahan-kemudahan lainnya.

Lalu, pernahkah kita bertanya, siapa bahwasanya penemu Handphone (telepon genggam) atau Telepon seluler (Ponsel) yang kita gunakan selama ini ?

Siapa orang yang menemukan Ponsel atau handphone?

Bagaimana sejarah ditemukannya Handphone  Penemu Ponsel, Handphone (telepon genggam) dan sejarahnya
Martin Cooper

Martin Cooper
Penemu ponsel, handphone
Martin Cooper yaitu Penemu Ponsel pertama kali di dunia
Martin Cooper atau nama lengkapnya Martin Marty Cooper lahir pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, illionis, Amerika Serikat.

Martin Cooper yaitu seorang karyawan perusahaan yang berjulukan Motorola, berhasil membuat Ponsel pertama kalinya pada tanggal 03 April 1973.

Meski beredar juga kabar bahwa penemu Ponsel pertama kali didunia yaitu Tim dari salah satu Tim Divisi Motorola, dengan produk pertama yang diberi nama Dyna Tac. Namun semua ini tidak terlepas dari gagasan, keuletan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh Martin Cooper.

Produk telepon yang diciptakan motorola pertama kali yaitu DynaTAC, diketahui mempunyai ukuran yang cukup besar dan mempunyai bobot mencapai 2 kg. Produk Dyna Tac dari Motorola ini hanya sanggup melaksanakan panggilan kurang dari tiga puluh menit. Dengan Pengisian daya batre yang memakan waktu hingga sepuluh jam. Motorola dikala itu menghabiskan dana sebesar 1 juta Dollar Amerika untuk sanggup memproduksi Dyna Tac tersebut.

Berawal dari tantangan yang dihadapi Martin Cooper dan timnya bersama di Motorola, untuk sanggup membuat suatu perangkat telekomunikasi yang berukuran kecil dan sanggup dibawa dan dipakai kemana-mana, dengan memasukkan banyak sekali perangkat Elektronik ke dalam satu perangkat yang berukuran kecil (yang alhasil perangkat ini disebut dengan Handphone (telepon genggam) atau Ponsel (telepon seluler).

Akhirnya sebuah alat komunikasi yang berukuran kecil dan sanggup dipakai kemana-mana, berhasil diciptakan dan diperkenalkan kepada publik pada 03 April 1973.

Meski pada awalnya biaya produksi perangkat telepon genggam atau ponsel ini , Motorola harus menghabiskan dana sekitar 1 juta dollar, kemudian pada tahun 1983, Produk telepon genggam atau ponsel ini diproduksi dan dipasarkan dengan harga sekitar 4 ribu dollar amerika pada masa itu.

Martin Cooper dan para insinyur yang bekerja untuknya, serta Mitchell mempatenkan inovasi “Radio Telephone System” yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 dan disetujui pada September 1975 atas nama mereka.

Penemu ponsel, handphone
Martin Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (handphone) pertama dan orang pertama yang melaksanakan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 03 April 1973.

Kejadian yang bersejarah tersebut disaksikan di muka umum di depan wartawan dan orang orang yang lewat di jalan kota New York. Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs.

Kemudian perkembangan Generasi Handphone atau Ponsel ini disebut dengan Ponsel dengan Generasi pertama (First Generation) atau disebut juga dengan 1G.

Perkembangan Handphone atau Ponsel dari Generasi pertama hingga Generasi keempat

Handphone atau Ponsel generasi pertama (1st Generation) atau disebut dengan Ponsel 1G
Ponsel generasi pertama atau ponsel 1G merupakan ponsel pertama yang sebenarnya, yaitu sekitar tahun 1973.
Ponsel yang ditemukan oleh Martin Cooper mulai mengalami kemajuan, dengan berat yang lebih ringan yaitu sekitar 30 Ons atau setara dengan 800 Gram. Jauh lebih ringan jikalau dibandingkan dengan produk motorola Dyna Tac yang mempunyai bobot mencapai 2 kg (2000 Gram). Ponsel inilah yang merupakan awal kemajuan teknologi komunikasi yang telah mengubah dunia.

Ponsel 1G, memakai teknologi yang masih bersifat Analog dan dikenal dengan istilah AMPS dengan Frekuensi jaringan antara 825 Mhz samapi 894 Mhz dan beroperasi pada Gelombang Band 800 Mhz.

Salah satu kekurangan dari ponsel 1G ini yaitu alasannya yaitu ponsel ini masih bersifat Analog, sehingga masih bersifat regional atau hanya sanggup dipakai dalam satu wilayah tertentu.

Selain itu Ponsel 1G ini masih mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga masih sulit untuk digenggam oleh tangan.
Penemu ponsel, handphone

Handphone atau Ponsel generasi kedua (2nd Generation) atau disebut dengan Ponsel 2G
Memasuki periode tahun 1990-an, Ponsel mulai memasuki masa generasi kedua (2nd Generation), atau disebut dengan Ponsel 2G.

Ponsel 2G sudah memakai teknologi CDMA khususnya di benua Amerika , dan Ponsel 2G memakai teknologi GSM untuk di tempat benua Eropa.

Ponsel dengan teknologi GSM mempunyai kapasitas pengguna yang lebih besar alasannya yaitu memakai frekwensi jaringan antara 900 Mhz dan 1800 Mhz. Ponsel 2G ini tidak lagi memakai sinyal Analog, namun sudah memakai sinyal Digital.

Ponsel 2G sudah sanggup dipakai tak hanya untuk melaksanakan panggilan jarak jauh, namun juga sanggup dipakai untuk berkirim pesan, panggilan tunggu dan pesan suara.

Ponsel 2G ini sudah mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dan ringan, dengan penggunaan Chip digital dan batre yang lebih kecil.

Selain itu kelebihan lainnya dari Ponsel 2G ini, yaitu dengan penggunaan sinyal radio yang lebih rendah sehingga meminimalkan resiko paparan radiasi sinyal ponsel terhadap penggunanya.

Handphone atau Ponsel generasi ketiga (3rd Generation) atau disebut dengan Ponsel 3G
Selanjutnya, kemajuan teknologi ponsel ini berlanjut dan memasuki ponsel generasi ketiga (Third Generation) yang biasa kita sebut dengan Ponsel 3G.

Dengan perkembangan Ponsel yang tergolong Cerdas, termasuk kemampuan untuk melaksanakan panggilan lebih luas, Internet, panggilan Video (Video Call).

Ponsel 3G mempunyai standar dunia telekomunikasi yaitu EDGE (Enhance Datarates for GSM Evolution), Wideband-CDMA dan CDMA 2000.

Ponsel 3G ini mempunyai kemampuan mendekati kemampuan perangkat Komputer, atau biasa disebut juga dengan Smart Phone. Dengan memakai sistem operasi menyerupai Android, iOS, Symbian dan Windows Mobile.

Handphone atau Ponsel generasi keempat (4th Generation) atau disebut dengan Ponsel 4G
Ponsel atau Handphone Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). Ponsel 4G merupakan sistem telepon genggam yang mengatakan pendekatan gres dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada, termasuk Wireless Broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain.

Ponsel dengan Sistem 4G menurut heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk memakai bermacam-macam sistem kapan saja dan di mana saja.

Ponsel 4G juga mengatakan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi banyak sekali teknologi berbeda.

Dan terakhir, Ponsel 4G juga mengatakan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi banyak sekali aplikasi multimedia seperti, video conferencing, online game, dan lain-lain.
Penemu ponsel, handphone

Demikianlah sejarah Handphone (Telepon genggam) atau Ponsel (Telepon seluler) dan siapa penemunya.

Semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua !

Berbagi ilmu pengetahuan umum
dikutip dari banyak sekali sumber

Related Post